Cara Agar Stiker WA Tidak Terdownload Otomatis 2022

Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis
Cara agar stiker WA tidak terdownload otomatis
bisa dilakukan dengan mudah, WhatsApp termasuk ke salah satu dari sekian banyak aplikasi chatting yang memiliki fitur Stiker di aplikasinya.

Apa lagi dapat digunakan oleh para penggunanya untuk berkirim pesan, disana terdapat berbagai macam stiker yang ada di aplikasi WhatsApp.

Dimulai dari stiker lucu, romantis, sedih, karakter, hewan, bunga dan lain sebagainya akan tetapi stiker-stiker tersebut terkadang sering terdownload secara otomatis.

Tentu saja secara otomatis langsung tersimpan di ruang penyimpanan Smartphone, namun apa bila dibiarkan tanpa kita sadari dan setelah di lakukan pengecekan.

Ternyata ada beberapa sebagai pengguna yang ruang penyimpanannya hampir 40% dipenuhi oleh stiker, terutama yang intensitas chatting lumayan tinggi setiap harinya.

Eits, jangan risau sebab kali ini kami akan membagikan informasi cara agar stiker WA tidak terdownload otomatis dan langsung saja simak ulasan sebagai berikut.


1. Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis di iPhone

Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis
Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis di iPhone
Setiap merek atau tipe Smartphone, pastinya mempunyai tata letak menu dan fitur yang berbeda-beda pula, meskipun memiliki fungsi yang sama persis begitu juga dengan iPhone guys.

Banyak pengguna dari ponsel iPhone yang masih kebingungan mengenai cara menggunakan fitur ataupun menunya, tidak terkecuali untuk mengatur supaya aplikasi WA tidak mendownload stiker.

Ataupun file lainnya secara otomatis, jika anda adalah pengguna dari ponsel iPhone langsung saja simak penjelasan yang akan kami sampaikan dibawah ini.

Cara agar stiker WA tidak terdownload otomatis di iPhone yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama yang harus anda lakukan yaitu silahkan buka aplikasi WhatsApp.
  • Jika sudah langsung saja anda masuk ke dalam menu Settings, kemudian klik Data and Storage usage.
  • Setelah itu silahkan klik Photos dan pilih opsi Never untuk menghentikan fitur unduhan.
  • Nanti anda akan menemukan informasi yang bisa menghilangkan centang di samping video, audio serta document pada setiap media.
  • Dimana hal itu bertujuan untuk mencegah file media apapun yang dikirimkan ke WhatsApp bisa terdownload secara otomatis dan tersimpan ke dalam ponsel iPhone.
Apa bila sudah selesai melakukan cara diatas sehingga stiker, video dan juga foto tidak langsung terdownload dengan sendiri lagi jika ingin menyimpannya dapat klik ikon download ditengah gambar.


2. Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis di Android

Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis
Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis di Android
Bukan hanya pengguna dari iPhone saja, selanjutnya kami akan menjelaskan cara supaya stiker WhatsApp tidak terdownload otomatis di Smartphone Android.

Terlebih dahulu, anda bisa buka aplikasi WhatsApp yang terdapat di Smartphone Android-nya kemudian anda klik menu Setting atau tiga titik disebelah kanan atas layar.

Cara agar stiker WA tidak terdownload otomatis di Android yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama yang harus dilakukan yaitu buka aplikasi WhatsApp anda yang terdapat di Smartphone Android.
  • Jika sudah langsung saja klik ikon tiga titik dan pilih opsi menu Settings.
  • Setelah itu silahkan anda klik Data and Storage Usage, jika sudah anda masuk ke bagian Media auto-download.
  • Kemudian anda lanjutkan dengan klik When using mobile data dan hilangkan centang yang terdapat di samping tulisan Photos kemudian klik OK.
  • Pada tahap ini anda harus mengulangi langkah yang sama pada bagian When connected on Wifi dan When roaming, untuk bisa menghentikan download secara otomatis.


3. Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis dengan Memanfaatkan Fitur Download Otomatis di WhatsApp

Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis
Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis dengan Memanfaatkan Fitur Download Otomatis di WhatsApp
Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan bila memanfaatkan fitur download otomatis tersebut dinonaktifkan terutama bisa menghemat kuota serta memori internal.

Sebab setiap pesan yang akan masuk, WhatsApp akan langsung menyimpan media yang ada di pesan tersebut dengan begitu kuota anda akan terpakai otomatis.

Begitu pula dengan memori internal, maka semakin banyak pesan yang diterima sehingga makin banyak juga media tersimpan dan semakin penuh memori HP yang dimiliki.

Sebetulnya sejak dulu WhatsApp sudah membuat langkah-langkahnya supaya media-media yang secara bawaan tersimpan di HP dapat anda kendalikan.

Namun sangat disayangkan sebab saat ini masih banyak user yang belum paham mengenai bagaimana menggunakan cara supaya stiker WhatsApp tidak terdownload secara otomatis.

Apa lagi jika user-user baru yang masih asing dengan aplikasi satu ini, mengingat setiap harinya pengguna WhatsApp terus bertambah.

Cara agar stiker WA tidak terdownload otomatis dengan memanfaatkan fitur download otomatis di WhatsApp yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama buka aplikasi WhatsApp yang terdapat diperangkat HP anda.
  • Jika sudah buka menu pada bagian kanan atas kemudian pilih "Setelan" di menu tersebut "Setelan" anda bisa memilih opsi "Penggunaan Data dan Penyimpanan".
  • Kmeudian anda atur pengaturan "Unduh Otomatis Media" namun disesuaikan dengan kebutuhan disana terdapat 3 opsi dan pilih menu "Saat Menggunakan Data Seluler".
  • Pada tahap ini hilangkan semua centang yang ada disana.
  • Informasi tambahan : Dengan begitu tidak mencentang semua pilihan yang ada disana, itu artinya tidak akan ada media (dalam jenis apapun) yang terunduh saat ponsel anda berada dalam mode data seluler.
  • Setelah itu ulangi lagi langkah keempat di menu pada saat terhubung Wifi dan hilangkah seluruh centang media yang terdapat disana.
  • Informasi tambahan : WhatsApp tidak akan mendownload media (dalam bentuk apapun itu) secara otomatis pada saat HP terkoneksi ke dalam jaringan Wifi.
  • Bila anda sudah mengaturnya, maka silahkan coba tutup WhatsApp dan nonaktifkan jaringan internet Wifi atau data seluler.
  • Jika sudah maka anda aktifkan kembali jaringan internetnya dan buka kembali aplikasi WhatsApp.
  • Selesai dech.


Apa Itu Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis?

Stiker yang terdownload otomatis ini sebetulnya disebabkan oleh WhatsApp yang dimana memiliki pengaturan untuk mendownload media seperti foto, video dan stiker secara otomatis guys.

Itulah sebabnya apa bila pengaturan tersebut belum diubah, jadi hal ini sangatlah wajar saja stiker bisa terdownload dan begitu juga dengan file-file lainnya.

Bukan hanya menghabiskan ruang penyimpanan yang lumayan banyak, akan tetapi pengaturan tersebut juga bisa boros kuota lho guys.

Jadi bisa dibayangkan kalau ada foto, video dan stiker yang dikirimkan oleh kontak baik itu secara personal maupun melalui grup maka akan langsung terdownload secara otomatis.

Kemudian akan masuk ke ruang penyimpanan, oleh sebab itu anda harus segera mengubah pengaturan di aplikasi WhatsApp supaya stiker dan file lainnya.

Hanya akan terdownload apa bila anda yang menginginkannya, maka cara agar stiker WA tidak terdownload otomatis sangat disarankan untuk anda gunakan.

Sebab hal ini cukup penting jika anda tidak ingin mendownload stiker di WhatsApp dan itu menyebabkan memori penyimpan yang anda miliki penuh.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara agar stiker WA tidak terdownload otomatis yang sudah kami sampaikan untuk anda gunakan.

Dengan menggunakan cara yang sudah kami sampaikan diatas, oleh sebab itu stiker atau file media lainnya tidak mudah terdownload secara otomatis lagi.

Pilih salah satu cara diatas disesuaikan dengan perangkat yang anda gunakan untuk mudah mengakses aplikasi WhatsApp tersebut.

Semoga dengan informasi ini stiker, foto, video, audio dan dokumen lainnya tidak akan terdownload sebelum anda mengklik tombol download atau unduh di aplikasi WhatsApp.

Jika informasi ini sangatlah berguna langsung saja bagikan link artikel ini ke sosial media yang anda miliki seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel