Cara Verval Ijazah di Simpatika 2023

Cara Verval Ijazah Di Simpatika
Cara Verval Ijazah Di Simpatika - Verval ijaza merupakan cara yang biasa digunakan untuk memverifikasi kepemilikan ijazah yang telah masuk kedalam Dapodik.

Verval ijazah ini diperuntukan bagi para guru dan kepala sekolah yang non PNS atau Honorer agar bisa mengikuti seleksi PPPK dan haru wajib dilakukan.

Karena dari pihak Kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud) akan melakukan pengecekan dengan menyesuaikan database Dirjen pendidikan Tiggi.

Untuk proses Verval ijazah ini memang bisa dilakukan dengan mudah, namun anda hrus teliti dan ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan.

Sedangkan verval ijazah tersebut bisa anda lakukan dengan cara masuk kedalam situs portal dari Simpatika.

Namun ada sebagian guru honorer yang msih belum memahami dan belum tau cara untuk melaukan verval izajah di situs Simpatika.

Nah bagi anda yang merasa kesulitan, maka anda bisa menyimak penjelasan kami dibawah ini mengenai cara verval ijazah di Simpatika.

Cara Verval Ijazah Di Simpatika

Cara Verval Ijazah Di Simpatika
Cara Verval Ijazah Di Simpatika
Cara ini diajukan kepada guru untuk melakukan verifikasi data ijazah di jenjang pendidikan S1 atau D4.

Biasanya guru diwajibakan untuk melakukan keabsahan data riwayat pendidikan, karena syarat ini merupakan salah satu cara untuk mendapatan tunjagan Guru (TPG).

Berikut langkah-langkah cara verval ijazah di simpatika terbaru 2020:
  1. Pertama silahkan anda buka situs resmi Simpatika melalui link berikut. https://simpatika.kemenag.go.id
  2. Jika sudah anda login sebaga guru.
  3. Setelah selesai lgon dan masuk, maka anda bisa pilih layanan SIMPATIKA PTK.
  4. Bagi Guru yang belum pernah sama sekali melakukan pengajuan verval ijazah S1 atau D4, pada halama beranda akan muncul tampilan notifikasi untuk melakukan verval ijazah.
  5. Namun bagi guru yang sudah pernah melakukan verval ijazah Si/D4, pada halaman beranda anda pilih menu peruahan data kepegawaian dan pilh juga sub menu verval ijazah.
  6. Kemudian anda klik lihat data jenjang pendidikan yang telah anda pada akun guru milik anda.
  7. Lalu, pada baris kedua, anda bisa klik opsi "Ajuan Verval" untuk mengajukan verval ijazah di Simpatika.
  8. Jika sudah, maka akan muncuk kotal Dialog ajuan Ijazah S1 /D4, dan klik Icon panah kebawah, kemudian anda pilih ubah daya.
  9. Guru diwajibkan untuk megisi semua kolom yang tersedia dan pastikan anda mengisi dta denga tepat dan benar.
  10. Jika telah sesuai, maka anda bisa klik "Simpan Perubahan".
  11. Apabila terdapat gur yang memeiliki lebih dari satu ijazah, seperti jijazah jenjang pendidikan S2 atau S3, bisa anda tambah dengan menakan ikon +.
  12. Setelah itu, anda input data ijazah S2 yang anda miliki dan pastikan anda mengisi data secar benar dan tepat, jika sudah sesuai anda bisa klik "Simpan Perubahan".
  13. Jika sudah sesuai da benar maka anda bisa klik opsi " Simpan dan Ajukan".
  14. Jika behasil, Simpatika akan menyimapan data ajuan verval ijazah dan anda bisa cetak surat ajuan pada kotak dialog yang muncul.
  15. Terakhir, anda dapat serahkan hasil cetakan "Surat Pengajuan Perubahan data Ijazah S12e ke KEMENAG kabupaten/kota yang menaungi untuk bisa dilakuak verval dan persetujuan perubahan data.
  16. Selesai.

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat melakukan Verval Ijazah Di Simpatika

Cara Verval Ijazah Di Simpatika
Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat melakukan Verval Ijazah Di Simpatika
Berikut beberapa hal-hal penting yang harus diperhatikan saat melakukan cara verval ijazah di Simpatika:
  • Proses verval ijazah tidak bisa dijadikan sebagai patokan untuk menentukan apakah anda layak atau tidak untuk megikuti proses seleksi PPPK.
  • Verval ijazah ini hanya digunaan untuk proses verfikasi kepemilikan ijazah dan akan diperiksa dan disesuiakan dengan databe dikti yang anda miliki.
  • Sebelum melakukan verval ijazah, silahkan anda perhatikan nama mahasiswa, nama peguruan tinggim nama prodim nomor ijazahm NIM dan tahun kelulusan saat melakukan verifikasi ijazah.
  • Pastikan data yang ada miliki sudah sesuai.
  • Pastikan juga sarjana Dik lulus miliki linear, dengan formasi Dik lulusan dan daftarkan jika anda mempuntai ijazah S1 non guru.
  • Nada juga hrus menghubungi pihak kampus atau universitas tempat diterbitanya ijazah tersebut, jika ternyata nomor ijazah yang anda masukan tidak terdaptar. Hal ini dilakuakn utuk memasukan data anda sudah benar dan sudah dilaporkan ke Dikti atau tidak.
  • Untuk memastikan keaslian ijazah yang anda miliki, anda bisa verivikasi nomor ijazah melalui SIVIL.
  • Jika anda lulusan dibawah tahun tersebut dan nomor ijazah anda tidak ditemukan di SIVIL, maka anda bisa menghubungi peguruan tinggi masing-masing.

Akhir Kata

Itulah beberapa informasi yang dapat kami berikan dan dapat kami sampaikan kepada anda untuk verval izajah di Simpatika.

Semoga dengan penjelasn kami diatas, dapat memudahkan dan membantu anda untuk verval ijazah secara mudah.

Untuk lebih lenkpanya, anda bisa terus menyimak situs web kami ini agar tidak ketinggalan informasi-informasi seru dan menarik lainnya.

Inilah seluruh isi penjelasan kami kali ini tentang artikel Cara Verval Ijazah Di Simpatika. Semoga bermanfaat dan terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel